Tugas Ilmu Budaya Dasar #1

1.       Sebutkan pengertian dan tujuan dari Ilmu Budaya Dasar !

Ilmu Budaya Dasar adalah merupakan  suatu salah satu mata kuliah yang membicarakan tentang berbagai nilai-nilai, tentang kebudayaan dan  tentangberbagai masalah yang sedasng
 dihadapi manusia dalam hidupnya sehari-hari. Diharapkan mata kuliah ini dapat menjadikan semacam lingua franca atau bahasa pemersatu dn bisa mempersatukan  bagi para akademisi dari berbagai lapangan ilmiah. Dengan memiliki satu bekal yangsama diharapkan agar para akademisi dapat lebih lancer berkomunikasi. Kelancaran serta  bisa  berkomunikasi ini selanjutnya akanmemperlancar berbagai proses pembangunan dalam berbagai bidang yang ditangani oleh para cendikiawan dan para tokoh lain  dari berbagai lapangankeahlian.Dengan mendapat mata kuliah IBD ini duharapakan  mahasiswa diharapkan ,mampu  nenatinya  dan memiliki latar belakang pengetahuan  yangcukup luas tentang kebudaaan dasar  Indonesia pada umumnya dan menimbulkan minat mendalaminya lebih lanjut dan makna secara khusus, agar dengan demikian ini  mahasiswa diharapkan turut mampu  mendukung dan mampu  mengembangkan kebudayaannya sendiri dengan  secara kraetif kreatif. Salah satusifat penting mata kuliah ini adalah bahwa I dengan BD bukan pelajaran sastra, bukan filsafat, bukan sesuatu disiplin ilmu yang berdirisendiri.namun Sesuai dengan namanya ini Ilmu Budaya Dasar,diharapkan untuk sebagai mata kuliah ini hanya memberikan dasar-dasar yang cukup kuat dampaknya  kepadamahasiswa untuk mencari hubungan atau keterkaitannya dengan segala aspek segi kebudayaan dalam dan hubungan usahanya  yang terus dapat  mencari kebenaran, keindahan, kebebasan, dalam berbagai bentuk aspek, serta hubungannya dengan alam semesta, Tuhannya,masyarakatnya dan juga penemuan dirinya sendiri itu merupakan aspek yang terpenting dalamilmu budaya dasar. Pendeknya dalam mencari hidup yang dirasanya lebih bermakna. Initentu menyangkut sikap moral yang diharapkan memperlengkapi mahasiswa dengan pengalaman luas yang padu yangakan membimbingnya kearah pembentukan ukuran-ukuran, rasa dan nilai-nilai ini  akan  tidak bergantung kepada orang lain  dan lingkungan sekitar.
2.       Pengertian Kebudayaan?
Merupakan sebuah tatanan dari peradaban dimana suatu organisasi atau dalam suatu negara  baik yang bersifat nyata atau sebuah kebiasan dari masyarakat atau negara tersebut yang menjadikan kebiasaan dan aturanya itu dihormati dan ditaati  bersama.
3.       Macam-macam kebudayaan baik di indonesai maupun di negara lain?
Terdapat keaneka ragaman yang ada di indonesia diantaranya
·         Dalam bidang kesenian
            Indonesia merupakan berkembangnya budaya jenis inidi tiap daerah ada kesenian yang berbeda-beda diantaranya kesenian   wayang, kesenian tarian dan kesenian pementsan yuang lain.
·         Tarian adat
Pada setiap province di indonesia berkembang banyak tarian atau budaya tari diantaranya di padang yang terkenal dengan tarian piringnya di kalimantan yang terkenal dengan tarian-tarian penyambtan tamu adat dan masih banyak yang lain.
·         Rumah adat
Setiap daerah pasti mempunyai rumah adat masing- masing ini terlihat dari banguan atau tempat tinggal d ari amsing-masing daerah ayang ada di indonesIa.
Contoh yang paling mudash adalah pada saat kiita mengunjungi Taman Mini Indonesai indah disana kita bisa melihat berbagai macam kesenian dan rumah adat ada di indonesia.
  Kebudayaan asing
·         Tidak jauh berbeda dengan kebudayaan yang ada di indonesai untuk wilayah dunia yang lain pun mempunyai kebudayaan yang berbeda beda baik yang ada di negara asia maupun yang ada di negara lain contooh di negara asia akan mempunyai kesenian, tarian adat dan rumah adat yang berbeda dengan negara barat ini dapat terlihat dari cara berpakain dan adanya perbedaan musim dan wilayah yang menentukan kebudayaan itu berkembang.
4.       Jelaskan hubungan Ilmu Sosial Dasar dengan jurusan Sistem Informasi !
Ada beberapa hal yang menjadi dasar tentang ilmu sosial dasar dengan jurusan sistem infrmasi dan jurusan ilmu-ilmu yang lain.
Ilmu sosial  dasar sangat lah penting bagi keselarasan atau keseimbangan kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara hal ini tercermin dari adat atau budaya disuatu daerah. Budaya atau adat suatu daerah akan berperan penting dalam pengembangan suatu ilmu hunganya adalah dengan adanya ilmu budaya akan mendukung ilmu lain diantaranya ilmu sistem informasi dan ilmu-ilmu yang lain. Perkembangan teknologi yang semakin canggih dan kebudayaan semakin tersisih akan membuat masyarakat mudah terpengaruh oleh budaya-budaya luar yang bertentangan dengan budaya daerah. Disinilah pentingnya kekuatan budaya dasar sebagai benteng untuk menangkal perkembangan budaya luar yang masuk ke indonesia.
  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: